Membangun Sumber Uang

Minggu, 16 Oktober 2011

Inilah Isi Film Iran yang Membuat Aktrisnya Dihukum Cambuk

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Judulnya menggoda, My Tehran For Sale. Film yang didanai The South Australia Film Corporation ini namanya tiba-tiba meroket setelah bintangnya, Marzieh Vafamehr dinyatakan bersalah membintangi film itu dan karenanya diganjar hukuman 1 tahun penjara dan 90 kali cambukan.

Film yang menyuarakan 'kaum terpinggirkan' usai ingar-bingar revolusi Islam Iran ini disutradarai penulis-sineas Iran yang kini tinggal di Australia, Granaz Moussavi. Film ini memutret sisi lain Teheran; tentang kehidupan kota besar, yang sama seperti kota-kota lain di dunia, tak membuat penghuninya siap dengan segala perubahan.

Cerita dalam film berpusat pada kehidupan Marzieh (diperankan Marzieh Vafamehr), seorang artis panggung - kerap berpantomim - yang sudah berkali-kali dilarang bekerja di teater oleh penguasa. Di Teheran, segala bentuk pementasan dan pesta-pora haram hukumnya.

Dalam sebuah pesta bawah tanah - yang tentu saja dianggap ilegal oleh penguasa - ia bertemu Sanan (diperankan Amir Chegini), yang memberinya mimpi tentang kehidupan indah di luar negeri, Australia.

Keduanya menjalani cinta 'liar' dan terlarang. Marzieh yang limbung dengan kehidupan sosial di sekitarnya girang saat permohonan visanya disetujui. Ia mengumpulkan uang untuk berangkat ke negeri kebebasan: menjual apapun yang dimiliki untuk bekal.

Namun, ia masih harus bergelut dengan soal lain: takut kehilangan kehangatan keluarganya, kecintaan pada tanah leluhurnya, dan penyakit HIV yang muncul akibat pergaulan bebasnya.

Film ini memang 'di luar pakem' film Iran pada umumnya. Selain ide cerita yang 'menabrak tembok', Marzieh dalam film ini juga tampil dengan kepala plontos, dan seringkali tak berkerudung, hal yang diharamkan bagi wanita di negeri ini.

Belum lagi beberapa adegan yang dianggap terlalu vulgar: berhubungan intim di bawah truk, pesta ala Barat di sebuah gudang tua, atau mengkonsumsi narkoba bersama. Inilah sederet 'dosa' yang membuat Marzieh harus membayarnya dengan setahun penjara dan 90 cambukan.
Published with Blogger-droid v1.7.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar